• Tentang Hati
  • DESKRIPSI GAMBAR 4
Sabtu, 27 April 2013

Amar Ma'ruf Nahi Mungkar

2.Mengajak Kepada Kebenaran dan Mencegah Kemungkaran
Allah berfirman: "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik".(Ali Imran:110).
Keterangan dan kandungan ayat:
Pertama: Pada awal ayat ini, Allah swt. memuji umat Muhammad saw. yang telah memenuhi perintah-Nya, dan menegaskan bahwa mereka adalah umat terbaik yang pernah dikeluarkan. Mereka adalah sebaik-baik manusia dalam memberi nasehat, cinta kepada kebaikan, berdakwah, mengajar, membina dan dalam menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar.
Mereka benar-benar layak menyandang gelar tersebut (umat terbaik) dikarenakan amalan yang telah mereka lakukan dan karena mereka telah menggabungkan antara:
1. Penyempurnaan untuk diri mereka dengan keimanan sehingga melaksanakan semua perintah.
2. Penyempurnaan untuk orang lain dengan menyuruh berbuat baik dan mencegah perbuatan mungkar, yang mencakup mengajak manusia kepada jalan Allah dan berupaya semaksimal mungkin menyelamatkan mereka dari kesesatan.
Kedua: Di akhir ayat ini, disebutkan bahwa para ahli kitab tidak beriman kecuali sedikit. Kebanyakan dari mereka fasik, keluar dari ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya serta memerangi umat Islam. Andaikan mereka beriman niscaya akan mendatangkan kebaikan kepada mereka.
Lihat: Tafsir Ibnu Sa'di, halaman 112 (cetakan Luwaihiq).
 Lalu
                                                                                              Berikut 
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Amar Ma'ruf Nahi Mungkar; Ditulis oleh Ashif Maulana; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store