• Tentang Hati
  • DESKRIPSI GAMBAR 4
Sabtu, 27 April 2013

Amar Ma'ruf Nahi Mungkar

1.Mengajak Kepada Kebaikan dan Mencegah Kemungkaran

Allah berfirman: "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung". (Ali Imran:104)
Keterangan dan kandungan ayat:
Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada para hamba-Nya yang beriman agar semaksimal mungkin menempuh jalan yang memungkinkan mereka untuk menegakkan agama mereka, yaitu dengan adanya sekelompok mereka mewakili yang lain melaksanakan tugas:
- Mengajak kepada kebaikan; yaitu agama, pokok-pokoknya, cabang-cabangnya dan syariatnya.
- Menyuruh yang makruf; yaitu apa-apa yang diketahui kebaikannya menurut syariat dan akal.
- Mencegah kemungkaran; Yaitu apa-apa yang diketahui keburukannya, secara syara' dan akal.
Merekalah orang-orang yang beruntung; Yaitu orang-orang yang akan meraih segala yang diinginkan dan selamat dari segala yang menakutkan. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah, orang berilmu dan penuntut ilmu, orang-orang yang berdakwah, para muhtasib (orang yang melakukan amar ma'ruf nahi mungkar) yang mewajibkan manusia untuk melakukan salat, mengeluarkan zakat, melaksanakan syariat agama, dan mencegah manusia dari kemungkaran. Berarti semua orang yang menyeru kepada kebaikan, baik yang bersifat umum maupun khusus, dan juga yang memberi pengarahan dan nasihat. Semuanya termasuk dalam ayat ini.
Lihat; Tafsir Ibnu Sa'di, halaman: 112 (cetakan Luwaihiq).


 LaluBerikut 
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Amar Ma'ruf Nahi Mungkar; Ditulis oleh Ashif Maulana; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store